Alasan Kenapa Air Laut itu Asin

Simpelnya air laut asin itu dari Garam. Lalu dari mana asal Garam itu ?? tapi yakin hanya kandungan garam aja ??


Asal muasal air laut yang memiliki rasa asin
Indo888New - Kali ini admin melakukan penelitian kecil kecilan nih pembaca. Admin sempet mikir kenapa ya air laut itu bisa asin? Apa iya air laut yang asin itu dari garam ? lalu dari mana donk garam itu ? pembaca pernah kepikiran gak ? hayooo. yuk sekarang kita bahas dari awal ya 

Bumi nih, tempat yang kita tinggal sekarang. ternyata isinya 70% air, eits tapi dari keseluruhan volume air yang sebesar itu tapi ternyata 97,5% merupakan air asin. dan hanya 2,5 aja yang air tawar yang bisa kita konsumsi. Dan malah, jumlah air tawar yang kita minum setiap hari masih kebanyakan berbentuk Lapisan Es di kutub. dan tentu saja sangat sulit untuk kita minum dalam bentuk bongkahan es itu. Nah setelah itu timbul pertanyaan. kenapa ada air asin dan air tawar di dunia ini ?

Nah ternyata awal mulanya yaitu air hujan, singkat ceritanya gini nih. Air hujan jatuh ke bumi menghantam berbagai jenis batuan, air hujan yang memecahkan bebatuan di daratan kemudian membawa unsur garam dan mineral lainnya mengalir dari sungai menuju ke lautan. 

Terus kenapa bisa jadi Asin ? setelah perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan dan sampai ke tujuan pemberhentian terakhir yaitu lautan. akhirnya semua garam dam mineral lainnya pun ikut kumpul semua di lautan. Ketika air laut menguap lagi ke langit ketujuh, garam itu tidak ikut menguap, garamnya tetep berada di lautan. dan proses tersebut dilakukan berkali kali. 

Kalo begitu kenapa gak saring aja ya ?? sempet sih Indo888News mikirin nyaringnya. Tapi ada kendalanya. pengolahan air laut itu muahal banget dan membutuhkan banyak energi dibandingkan jika kita mengolah air tawar. dan juga ada kendala seperti Alga yang terkadang menyumbat di lobang penyaringan. Jadi begitulah kenapa Air laut itu  bisa jadi asin seperti yang bisa kita rasakan sekarang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »