Alasan Yamaha Merombak Tangki Motor MotoGP

Tangki Bensin MotoGP M1 Yamaha Terbaru - Indo888
Tangki Bensin MotoGP M1 Yamaha Terbaru - Indo888News
Berita MotoGP terbaru. Dengan regulasi baru yang diterapkan oleh Dorna Sport, Yamaha harus mengakalinya dengan melakukan perombakan pada tangki tunggangan Lorenzo dan Rossi Yamaha YZR-M1. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan karena pada MotoGP 2016, akan menggunakan ban Michelin sebagai ban resmi MotoGP yang menggantikan ban Bridgestone.

Perombakan pada tangki motor YZR-M1 ini, kemungkinan akan dilakukan dengan memindah tempat bahan bakar tersebut ke bagian ekor alias di belakang tempat duduk pembalap. Kalau sebelumnya, tangki berada di sisi depan sebagaimana biasanya.


Sebenarnya model tangki seperti itu, sudah pernah digunakan oleh Test Rider Yamaha Katsuyuki Nakasuga ketika berlaga di grand prix Jepang 11 Oktober lalu. Sementara Rossi dan Lorenzo juga pernah mencobanya pada tes di Aragon dan Valencia beberapa saat lalu.

Menurut Lorenzo, perubahan posisi tangki di YZR-M1 untuk menyesuaikan motor yang akan menggunakan ban Michelin. Kalau sebelumnya ban Bridgestone dikenal ‘galak’ di bagian ban depan, maka kinerja Michelin dianggap lebih bagus di bagian belakang sehingga posisi tangki diubah mengikutinya.

Sementara itu, menurut manajer Lorenzo ,Wilco Zeelenberg mengatakan jika perubahan posisi tangki Yamaha tersebut, bukan hanya karena penggunaan ban Michelin semata. Namun juga disebabkan regulasi baru MotoGP yang mengharuskan penggunaan tangki dengan kapasitas 22 liter dimana sebelumnya hanya 20 liter saja. Hal ini ditakutkan akan mempengaruhi kinerja motor.

“Ini belum benar-benar sudah diputuskan jika kita akan menggunakan tangki dengan set-up seperti ini. Kami tahu kami punya dua liter bahan bakar lebih untuk digunakan sehingga ide ini dimunculkan dan akan mencobanya,” tutup Zeelenberg.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »